Inilah..Keindahan Objek Wisata Lembah Anai di Ranah Minang

POROSTVNEWS.COM l SUMBAR – Lembah Anai merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Sumatera Barat. Lembah Anai ini terletak di dekat jalan antara Padang dan Bukittingi, sekitar 38km dari Batusangkar. Lembah ini juga merupakan kawasan konservasi alam dengan luas sekitar 221 ha, dimulai pada masa penjajahan Belanda.

Sebelum sampai di Lembah, Anda akan melewati jalan berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah; Banyak ditumbuhi pohon, bukit hijau dan lembah. Biasanya Anda akan melihat monyet dekat dengan jalan. Meski lembahnya mudah dijangkau, lembah yang indah ini juga menjadi jalur utama lalu lintas antara Padang dan Bukittingi.

Cagar Alam Lembah Anai memiliki hutan tropis yang lebat dengan beragam spesies flora dan fauna. Bukan hanya flora dan fauna langka yang membuat Lembah Anai begitu menarik, tapi juga tiga air terjun dan danau, dengan air biru yang jernih. Salah satu air terjun terletak tepat di pinggir jalan (air terjun Lembah Anai), jadi Anda tidak bisa melewatkan yang satu ini.

Loading...

Dua lainnya lebih jauh dan masih dikelilingi oleh hutan lebat namun hanya sekitar 15 menit berkendara dari air terjun Lembah Anai. Danau ini juga hanya berjarak 15 menit dari jalan utama.Sungai yang membuat Air Terjun Lembah Anai muncul di Gunung Singgalang dan sangat jernih, mengalir menuruni  bukit dan masuk ke Cagar Alam Lembah Anai sampai di tepi tebing setinggi 50 meter.

Kabut yang dibuat oleh air terjun menciptakan warna yang indah saat matahari bersinar di atasnya. Jika Anda benar-benar beruntung, Anda bisa bertemu dengan harimau sumatera yang langka. Hewan lain yang tinggal di sini adalah owa, rusa, kera, anteater, kadal, berbagai jenis burung dan kupu-kupu.

Menuju Lokasi

Terletak 60 km dari kota Padang, untuk mencapai lokasi ini perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan umum (bus), rental mobil, atau mobil pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, perjalanan dimulai di bandara Internasional Minangkabau Padang ke kawasan Cagar Alam Lembah Anai yang memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Air terjun Lembah Anai yang terletak di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat atau tepatnya pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi cukup memakau para wisatawan yang berkunjung ke ranah Minang.

Air terjun dengan ketinggian sekira 50 meter ini termasuk ke dalam kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai. Keindahan panorama yang dipancarkan Air Terjun Lembah Anai dengan citra alam merupakan sebagai salah satu ikon pariwisata di provinsi Sumatera Barat.

Sumber Air Terjun Lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati cagar alam Lembah Anai sebelum sampai di tepi tebing yang curam.

Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah dan membentuk kawah tempat air berkumpul. Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.**

Editor : Rully Tanjung

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close