Perangi Berita Hoax, Personil Terlatih Humas Polri Lakukan Patroli Siber Dunia Maya

Tim Asistensi Biro Multimedia Divisi Humas Polri Kunjungi Polres Belitung

POROSTVNEWS.COM | BELITUNG –  Bagi netizen yang memiliki kebiasaan memposting berita-berita hoax yang mengandung ujaran kebencian di Dunia Maya khususnya media sosial diminta untuk menghentikan kebiasaan negatif tersebut.Pasalnya, kini Mabes Polri telah membentuk tim siber terlatih dan akan selalu melakukan patroli siber di Dunia Maya.

“Personil terlatih Divisi Humas Polri akan selalu melakukan  patroli siber untuk melihat netizen yang selalu memposting hal hal negatif,” tegas Tim Biro Multimedia Divisi Humas Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Drs. Supriadi di aula Tribarata Mapolres Belitung, Kamis (15/03/2018).

Kombes Pol Drs.Supriadi yang didampingi Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana,S.IK,.MH dan Kapolres Belitung Timur AKBP Erwin Siboro, SIK dan Kabid Humas Polda Kep. Babel AKBP Abdul Mun’im   mengatakan, bagi netizen yang selalu memposting hal-hal negatif,setelah dianalisa dan dievaluasi ditemukan pidana, akan diteruskan ke Fungsi Cyber Crime Bareskrim Polri untuk ditindak lanjuti.

Loading...

Arahan tersebut disampaikan tim asistensi Biro Multimedia Divisi Humas Polri itu di ikuti seluruh pejabat utama Polres Belitung dan para kapolsek serta kapolsek Polres Belitung Timur.

Selain itu kata Supriadi, bahwa Fungsi Kehumasan yang dulunya sebagai Fungsi Pendukung, maka saat sekarang ini sudah menjadi Fungsi Utama.

Fungsi Kehumasan Mabes Polri saat ini sudah ada Biro Multimedia yang salah satu tugas diantaranya melaksanakan Profiling. dari hasil profiling tersebut lalu dianalisa kemudian dikirim ke Fungsi Penegak Hukum yaitu ke Bareskrim untuk ditindak lanjuti.

Setelah Kombes Pol Drs. Supriadi menyampaikan arahan, kemudian Anggota Tim Asistensi Kompol Wahyu Istanto Bram dan AKP Rudi Hartono menyampaikan cara tehnis melaksanakan Profiling di Media Sosial. Melalui kegiatan profiling ini, diharapkan seluruh personel Polri khususnya yang terilbat Tim Cyber Troops mampu mencari identitas pelaku yang melakukan postingan negatif dan melakukan ujaran kebencian.

Sementara Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana,S.IK,.MH mengatakan, tim asistensi Biro Multimedia Divisi Humas Polri tersebut akan memberikan panduan dan pembinaan khususnya jajaran humas dan siber troops Polres Belitung maupun jajaran Polsek.

“Kita berharap pada pelaksanaan Pilkada di kabupaten Belitung, patroli siber dapat ditingkatkan sehingga moment pilkada tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggunjawab untuk menyebarkan berita-berita hoax yang bersifat menyebarkan kebencian,” tandas Kapolres. **

Reporter: Nasrul Rully

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close