Danlanud H.AS Hanandjoeddin Pimpin Ziarah Nasional di TMP Ksatria Tumbang Ganti

POROSTVNEWS | TANJUNGPANDAN – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud)  H. AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang memimpin langsung upacara ziarah nasional, di TMP Ksatria Tumbang Ganti, Sabtu (10/11) tadi pagi. Upacara ziarah nasional tersebut, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-73 tahun.

“Memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran Surabaya ada 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama setelah Bangsa lndonesia menyatakan kemerdekaannya,” ujar Danlanud H. AS Hanandjoeddin.

Lulusan AAU 1998 itu mengatakan, di Bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih. Yakni, para pahlawan yang telah gugur mendahului.

Loading...

“Sebab, para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” tandasnya.

Danlanud H.AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang bersama Bupati Belitung H.Sahani saleh dan Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang,S.Sos saat tabur bunga di TMP Ksatria Tumbang Ganti, tanjungpandan.

Letkol Pnb Akal Juang menambahkan, prosesi peringatan Hari Pahlawan, khususnya upacara pengibaran Bendera Merah Putih, serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air. Bahkan di perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri.

“Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan

meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” tandasnya lagi.

Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna. Bukan hanya sebagai prosesi, tetapi subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan

dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis, namun dinamis. Bisa menguat, bahkan

(juga) dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” pesannya.

Upacara itu, dihadiri Bupati Belitung Sahani Saleh, Sekda Kabupaten Belitung Karyadi Sahminan, Wakil Ketua I DPRD Belitung Budy Prasetyo, Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang, Wakapolres Belitung Kompol Alam Bawono, dan tamu undangan lainnya. (*)Kapentak/ Red

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close