Sikap Arogansi Oknum Security PT PPMM Halangi Tugas Wartawan Bisa Dipidana

POROSTVNEWS | BANGKA BELITUNG  –  Alih-alih ingin melakukan klarifikasi  agar berita yang disajikan tetap berimbang, seorang jurnalis dari media online, matababelonline.com  mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari salah seorang oknum security .

Oknum security berinisial NN yang bertugas  di sebuah perusahaan peleburan timah atau smelter bertuliskan PT. Putra Prima Mineral Mandiri yang terletak di kawasan Air Anyir Kabupaten Bangka itu ditenggarai telah melakukan intimidasi terhadap tugas yang diemban seorang jurnalis  dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Berdasarkan pengakuan Endy Nomansyah yang  juga menjabat sebagai pemimpin redaksi matababelonline.com  kepada media ini melalui pesan wahstApp dan juga telah di publikasikan di matababelonline.com, Sabtu 2/2/2019) mengatakan bahwa dirinya selaku seorang jurnalis berkewajiban melakukan klarifikasi terkait berita sudah tranding topik menyangkut tongkang yang bermuatan pasir zirkon sebanyak 2.500 ton yang terdampar di perairan pantai serdang, Belitung Timur beberapa waktu silam.

Loading...

Andy Nomansyah  yang biasa disapa Enjy tersebut  mengaku mendapat perlakuan  arogan dan intimidasi  dari oknum security tersebut. Oknum security berinisial NN itu kata Enjy, mengaku mantan awak media..!, dan berkata arogan dengan intonasi nada tinggi sembari menampar helm milik Enjy yang diletakkan diatas sepeda motor  seraya berkata  tidak perlu mencari kesalahan disini karena tempat ia bekerja sebagai security sudah resmi sambil menyebutkan nama Kapolri tanpa jelas maksud tujuannya.

”Ka nek ngape kesini, haa ka nek ngape, ku ni dulu e orang media lah, ni Kartu ku, dari …..,  lah-lah pulang lah, dak usah nyarik kesalahan disini, disini Kapolri geh ade, ( Kamu mau apa kesini, saya juga dulu orang media, ini kartu nya dulu saya di media …..!, sudah-sudah !! Pulang, jangan cari kesalahan disini, disini Kapolri juga ada,)” Bentak NN tiru Enjy kepada Porostvnews.

Masih menurt Enjy, sebagai seorang jurnalis dirinya bersama satu rekan wartawan hanya ingin mengklarifikasi pemberitaan terkait pasir zirkon yang  dibawa tongkang ocean II untuk bahan berita lanjutan, bukan mau mencari kesalahan, tandas Enjy.

KATEGORI PERBUATAN PIDANA

Untuk diketahui, Pers dan jurnalis merupakan salah satu elemen penting dalam kemajuan proses demokrasi di Tanah Air. Karena kemerdekaan pers selain sebagai alat kontrol sosial juga menjadi sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi guna memenuhi kebutuhan hakiki demi terwujudkan kehidupan yang lebih baik.

Kepada semua pihak menghormati dan tidak menghalang-halangi tugas para jurnalis yang tengah menjalankan tugasnya di lapangan apalagi melakukan intimidasi yang bersikap arogansi tentunya bisa dipidana.

Berdasarkan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers yang termaktub pada,pasal 18 ayat 1 menyebutkan, Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tidakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat 2 dan 3 di pidana dengan pidana penjara 2(dua) tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah ).** Rully

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close