Sabu Seberat 5,8 Kg Disita,Komplotan Pengedar Sabu Dgelandang Polisi

POROSTVNEWS | PALEMBANG – Genderangperang terhadap peredaran narkoba terus ditabuh Polda Sumatera Selatan.Betapa tidak, perburuan barang haram di wilayah hukum yang dikomandoi Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara tersebut membuahkan hasil cukup signifikan.

Hanya dalam tempo singkat , jajaran Polda Sumsel  berhasil  menggulung  tujuh  pelaku  dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 3.206 gram. Kini, ke tujuh pelaku yang disebut-sebut jaringan Jawa Barat ini meringkuk di hotel prodeo Mapolda Sumatera Selatan.

Digulungnya kelompok jaringan Jawa Barat  oleh Ditres Narkoba Polda Sumsel ini merupakan buah kerjasama yang apik antara Pangkalan TNI AU Palembang,Aviation Security Bandara Sultan Mahmud Baddarudin II Palembang dan Polres OKI. Dari hasil kerja sama tersebut Ditres Narkoba Polda Sumsel berhasil menangkap 7 orang tersangka pengedar narkotika jenis sabu.  seberat  3.206 gram

Loading...

Proses pengungkapan jaringan pengedar narkotika jenis sabu di wilayah hukum Polda Sumsel tersebut terkuak ketika Ditres Narkoba Polda Sumsel menggelar Perss Conference pada, Jumat (22/02/2019).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara yang didampingi Dir Resnarkoba Kombes Pol Farman dan Kabid Humas Kombes Pol Slamet Widodo mengemukakan,pada awalnya petugas menangkap satu orang tersangka di Bandara SMB II Palembang yang bernama  Eka Chandra Hidayatullah (23) Warga Desa Cibeber Kecamatan Cikalong,Tasikmalaya. Dari tangan tersangka pertama polisi berhasil menyita barang bukti berupa narkotika Jenis sabu seberat 673 gram pada hari Kamis,(21/02/2019) Sekira Pukul 11:30 WIB.   2.

Setelah di interogasi diperoleh keterangan bahwa ada 3 bungkus besar  yang dibuang ke toilet Bandara SMB II.Setelah dikonfirmasi dengan petugas bandara, polisi menemukan 3 bungkusan bewarna coklat yang berisi narkotika jenis sabu seberat  2.016 gram , terang kapolda.

Bahkan dari pengakuan tersangka Eka menyebutkan bahwa ada temannya yang akan membawa sabu ke Lampung menggunakan Kereta Api. Mendapat informasi penting ini kemudian polisi melakukan pengejaran ke Stasiun Kertapati dan Alhamdulillah kita berhasil mengamankan 4 orang tersangka yakn Diki Purnama (21),Dedek Enjang(28),Nova Nuryana(25),dan Asep Erik Mulyana(30),mereka semua warga Jawa Barat berikut barang bukti sabu seberat 3.206 gram.

Tidak sampai disitu saja setelah kita menangkap 5 tersangka,dari hasil pengembangan pemeriksaan ternyata mereka mengaku masih ada 2 orang lagi temannya yang menggunakan mobil tujuan Lampung dan kita langsung kordinasi dengan Polres OKI dengan memberikan ciri-ciri kedua tersangka tersebut dan Alhamdulillah 2 orang tersangka yakni Ribut Haryanto (49) dan Rizki (28) sudah di tangkap oleh pihak Polres OKI.

“Dari ketujuh tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa 9 (sembilan) bungkus dilakban coklat warna coklat berisi sabu dengan total berat 5,895 gram,6 (enam) unit handphone,5 (lima) KTP palsu,1 (satu) buah timbangan digital,dan 1 (lembar) ticket pesawat Citylink An.Eka Chandra,”  ujar  kapolda.

Akibat perbuatannya kata Kapolda Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara, ke tujuh tersangka kini meringkuk di tahanan Polda Sumsel. Ke tujuh tersangka ini dijerat pasal 114 ayat (2) jo 132 ayat (1) UU No.35 Tahun dan pasal 112 ayat (2) jo 132 UU No.35 tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman  hukuman  paling singkat 5 tahun paling lama 20 tahun atau hukuman mati, tandas  Kapolda.*

Reporter : Irwan

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close