Ratusan Prajurit TNI AD Kodim 0414 Belitung Ikuti Uji Trampil Perorangan

POROSTVNEWS | TANJUNGPANDAN – Selama tiga hari sejak, Selasa – Kamis (26-27/2/19) ,ratusan  prajurit TNI AD Kodim 0414/Belitung menggelar Uji Trampil Perorangan (UTP)   umum Teritorial tahun 2019.Kegiatan UTP tersebut digelar di Makodim Belitung.

Kapten Cpm Noverianto sebagai Komandan latihan dan Kapten Inf Tugino sebagai Kepala Tim Penguji dalam kegiatan ini yang diikuti oleh 115 orang pelaku latihan bagi Prajurit yang berpangkat Bintara dan Tamtama di Satuan Teritorial ini dalam rangka memelihara kemampuan bagi prajuritnya.

Ada dua materi latihan yang diberikan dalam UTP kali ini yaitu tentan persoalan pengetahuan kemiliteran dan persoalan tentang keterampilan keprajuritan.

Loading...

Soal pengetahuan yang diujikan yaitu tingkat kecakapan 1 untuk prajurit yang berpangkat Prajurit Dua, kecakapan 2 untuk Prajurit Satu dan Prajurit Kepala, Kopral Dua pada tingkat Kecakapan 3, untuk prajurit yang berpangkat Kopral Satu dan Kopral Kepala masuk tingkat kecakapan 4, kecakapan 5 bagi prajurit yang berpangkat Sersan Dua dan Sersan Satu serta kecakapan 6 untuk Sersan Kepala dan Sersan Mayor.

Dilihat dari tingkat kecakapannya Untuk Prajurit Dua (Prada) yang diuji dalam sikap Teritorial yaitu mengucapkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Kemudian dalam lima kemampuan Binter yang diuji: menyebutkan lima kemampuan Binter Perorangan, melaporkan dengan cepat dan melaksanakan anjangsana.

Kemudian dalam tingkat kecakapan 6 prajurit yang berpangkat Serka dan Serma yang diuji yaitu spesialisasi ketatalaksanaan Binter antara lain telaahan Binter, spesialisasi pembinaan ketahanan wilayah antara lain memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang cinta tanah air dan terakhir spesialisasi Bakti TNI antara lain membuat rencana Karya Bakti.

Sementara untuk soal materi keterampilan, semua pelaku latihan dari prajurit yang berpangkat Prajurit Dua hingga Sersan Mayor dapat menyebut tanda-tanda peta, mengusung korban atau mampu mengikat tawanan degan benar dalam waktu tiga menit dan tidak dapat dilepaskan tawanan , melaksanakan bongkar pasang senjata FN 46 dan senjata M 16 A.1.

Kepala Staf Kodim 0414/Belitung Mayor Inf Ruhin seijin Dandim Letkol Inf Indra Padang mengatakan bahwa “tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menguji Prajurit jajaran Kodim sesuai dengan pangkat dan jabatannya untuk memelihara kemampuan bagi prajurit sesuai dengan seterata kepangkatannya guna mendukung Satuan dalam pelaksanaan tugas di Wilayah sehingga terwujudnya prajurit yang profesionalisme”.

Selanjutnya “diperolehnya suatu data penilaian yang valid sesuai BPUP I-VII (Buku Pedoman Umum Prajurit) tentang pemahaman dan penguasaan materi oleh Prajurit, Pengetahuan dan Keterampilan umum sesuai tingkat keterampilannya untuk kepentingan Pembinaan Personel dan pembinaan latihan” Jelas Kasdim.

Hadir dalam kegiatan ini Para Danramil Jardim 0414/Blt, Perwira Staf, Danunit Intel, dan para anggota Kodim 0414/Belitung. ** (Rd/ Red).

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close