Kasdim Belitung : “Tanamkan Nilai Patriotisme dan Cinta Tanah Air Sejak Dini”

POROSTVNEWS | BELITUNG – Daya tangkal bangsa dalam menghadapi ancaman  guna mewujudkan ketahanan  bangsa yang tangguh harus dibangun sedini mungkin. Untuk itu dibutuhkan penanaman kesadaran bela negara sebagai bentuk revolusi mental sejak dini.

Hal itu dikatakan Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 0414 Belitung Mayor Infantri Ruhin,S.Ag  ketika mewakili Dandim Letkol Infantri Indra Padang, S.Sos  saat penyampaian materi pada seminar  kebangsaan, Kamis (14/03/2019) di Tanjungpandan, Belitung.

Seminar yang digelar Kesbangpol,kabupaten Belitung   itu merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan di lima kecamatan.Seminar  tersebut dihadiri oleh perwakilan setiap kelurahan  dan desa, kaling, kadus,RT maupun RW  dan tokoh pemuda se kecamatan Tanjungpandan tersebut dibuka oleh  sekretaris camat Tanjungpandan.

Loading...

Mewakili Dandim, Kasdim Mayor Infantri Ruhin S.Ag  mengatakan,upaya menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air,sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada ideologi Pancasila , rela berkorban demi bangsa  dan negara  serta memiliki kemampuan  serta kesadaran nilai-nilai  sejarah perjuangan  bangsa harus dilakukan sedini mungkin dan dimulai dari dalam keluarga.

Dipaparkan Kasdim, keikutan seluruh elemen bangsa sangalah penting terlebih  peran keluarga sangat besar dalam membentuk karakter anak  yang tangguh sejak usia dini. Apalagi ditambah dengan pembekalan bela negara  tentunya akan terbangun karakter disiplin, tekat, semangat, keberanian sehingga membangkitkan jiwa yang pantang menyerah  serta rela berkorban  dan turut menjamin kelangsungan hidup  bangsa dan negara.

Bahkan kata dia, penanaman bela negara serta jiwa patriotisme  harus masuk dalam dunia pendidikan. Sebab kata  Ruhin, jika tidak dilakukan maka akan membawa dampak pudarnya  rasa nasionalisme  atau kecintaan warga terhadap negaranya.

“Kekuatan rakyat bukanlah kekuatan yang bersifat  fisik atau materiil semata, namun, merupakan  kekuatan jiwa yang sangat kuat didasarkan atas kecintaannya yang mendalam terhadap bangsa dan negara,” tegas Ruhin.

Masih menurut Ruhin, ketahanan keluarga bermula dari ketahan diri sendiri  yang dibentuk dengan pembangunan  karakter  kuat dimulai dari keluarga. Peran seorang bapak dalam keluarga merupakan individu yang paling dekat  dengan anak sebagai pendidik pertama dan utama  bagi anak termasuk  dalam penanaman jiwa patriotisme.

Sementara Sutawijaya,M.Pd yang juga menjadi nara sumber pada seminar tersebut menyambut baik seminar yang digelar oleh kesbangpol  kab.Belitung.Pembekalan nilai-nilai sejarah perjuangan para tokoh pejuang bangsa dinilai saat ini mulai luntur dan memudar. Bukan tidak mungkin saat ini ketika gernerasi muda ditanyakan tokoh –tokoh pejuang daerah khususnya di Belitung, banyak yang tidak mengetahuinya, terangnya.**

Nasrul Rully

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close