Dandim Pantau Perkembangan Budidaya Rumput Laut Desa Sungai Padang

POROSTVNEWS | BELITUNG – Wilayah pesisir pantai pulau Belitung memiliki potensi cukup menggiurkan untuk mengembangkan usaha masyarakat untuk membudidayakan rumput laut. Betapa tidak, selain pantainya jernih dan alami serta jauh dari gangguan tentunya sangat  cocok sekali untuk pembudidayaan  rumput laut tak terkecuali akan menambah peningkatan perekonomian masyarakat.

Peluang menggiurkan dan ditopang dengan kondisi laut yang cocok untuk pembudidayaan rumput laut langsung ditangkap oleh Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang,S.Sos. Kini, usaha membudiyakan rumput laut yang digagasnya itu mulai dilakukan dengan mengerahkan para babinsanya.

Loading...

Seperti di  di Desa Sungai Padang Kec , Sijuk ,Kab Belitung misalnya, pembudidayaan rumput laut sudah dilakukan dan saat ini tengah berlangsung proses perawatan dan diharapkan mencapai hasil maksimal. Masyarakat pun turut di ikutsertakan mulai dari penanaman hingga pengecekan perkembangan pertumbuhan rumput laut tersebut.

Bahkan, Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang  melakukan pengecekan langsung pertumbuhan rumput laut yang ditanam Babinsa Sersan Saadi  pada ,Sabtu (16/03/ 2019) di areal penanaman di Desa Sungai padang..

Kehadiran Dandim ini dalam rangka memberikan motivasi dan semangat kerja para Babinsa dan masyarakat yang sedang menjaga dan memelihara tanaman rumput lautnya. Wajah Dandim Indra Padang terlihat sumringah ketika melihat perkembangan rumput laut yang ditanam prajuritnya, bahkan masyarakatpun ikut terlibat dalam pemeliharaan rumput laut tersebut.

Diakatakan Dandim, Sungai Padang merupakan Desa di bagian utara dari Wilayah Kabupaten Belitung dengan lautnya yang relatif tenang dan berpasir sangat cocok untuk bertani rumput laut.

Dikatakannya, kegiatan Babinsa bersama masyarakat ini sedang memelihara perkembangan rumput lautnya yang sudah berumur 25 hari dan siap di panen saat umur 40 sd 50 hari. Menanam rumput laut ini sangat mudah karena tidak perlu pemupukan tapi arus dibersihkan dari sampah maupun mejaga jangan sampai tali melintir/kusut karena ombak. – “kedepan masyarakat sungai padang selain menggantungkan hasil dari nelayan kedepan juga mendapatkan hasil perekonomiannya dari hasil rumput laut, harapan Babinsa.**

(Rh/ Rully)

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close