Ciptakan Pemilu Damai,Kapolres Belitung Kerahkan Segala Kemampuan

“Pengamanan Pemilu Tahun 2019 menjadi tantangan tersendiri bagi Polri.  Selain mengerahkan kekuatan yang optimal, Polri bekerjasama dengan TNI tentunya akan berjibaku  untuk pengamanan hajatan lima tahunan ini.

TANTANGAN utama yang dihadapi Polri tahun 2019 adalah penyelenggaraan Pemilu agar terselenggara dengan aman dan lancar.Selain Pemilu, Polri juga fokus pada potensi kerawanan lain seperti kejahatan siber. Kejahatan model ini dapat menciptakan kerawanan karena dapat menciptakan konflik sosial di masyarakat.

Bagaimana dengan Kab.Belitung? Daerah yang dikenal dengan sebutan “Negeri Laskar Pelangi” ini,  secara kasat mata memiliki kondusifitas landai. Meski begitu bukan berarti  bebas dari potensi konflik yang berimplikasi  terjadinya gejolak sosial di masyarakat.

Loading...

Untuk memastikan kamtibmas yang kondusif sejak awal persiapan Pemilu 2019 hingga pelaksanan maupun tahapan akhir, berbagai upaya telah dilakukan jajaran Polres Belitung. Dibawah komando AKBP Yudhis Wibisana,SIK,.MH terus menjalin komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat termasuk stakeholder lainnya untuk pencapaian pelaksanaan Pilpres dan Pileg  yang kondusif.

Mulai dari pemetaan  daerah rawan konflik, hingga pengawasan pelaksanaan kampanye sampai pemetaan TPS sudah dilakukan tak terkecuali mengajak seluruh lapisan masyarakat mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan cara mendatangi tokoh masyarakat yang dianggap berpengaruh.

Selama bulan Januari 2019, Kapolres didampingi pejabat utama melakukan kunjungan silaturahmi kepada tokoh agama (Toga), tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Adat (Toda) dan tokoh pemuda  atau Toda baik di wilayah daratan maupun di daerah kepulauan  terluar kab. Balitung.

Kunjungan yang dikemas dalam sambang silaturahmi tersebut tidak lain untuk mengajak seluruh elemen masyarakat mensukseskan pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019. Peran  para tokoh berpengaruh tentunya sangat penting dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Selain itu, kapolres dalam setiap kunjungannya selalu mengajak para tokoh dan masyarakat mendoakan agar pemilu berjalan aman dan lancar serta seluruh anggota Polri dan TNI diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas negera ini.

Kehadiran kapolres dan jajarannya  di sejumlah tempat disambut antusias para tokoh,bahkan para tokoh yang dikunjungi selalu mensuport langkah jajaran kepolisian dalam menciptakan suasana kondusif aman dan tertib  di wilayah hukum Polres belitung.

Bahkan, kapolres pun tidak luput menggelar kegiatan Istighosah untuk meminta doa agar seluruh jajaran kepolisian diberikan kekuatan dalam menjalankan tugas negara. Istighosah yang digelar di lataran parkir Gedung nasional, Tanjungpandan,Sabtu malam (23/3/19)  tersebut dihadiri ribuan masyarakat dan seluruh stakeholder yang ikut telibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

*) Nasrul Rully

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close