Jalak Sakti 2019,Sejumlah Pesawat Tempur Milik TNI AU Akan Bermanuver di Belitung

Alusista Milik TNI AU jadi Tontonan Pelajar

POROSTVNEWS | BELITUNG – Sejumlah pesawat tempur milik Tentara NasionaI Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) hadir di Belitung. Kehadiran sejumlah pesawat tempur berbagai jenis tersebut merupakan  alusista TNI AU yang akan ambil bahagian pada Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2019 yang digelar   di Air Weapon Range (AWR) Buding, Lanud H AS Hanandjoeddin pada Rabu-Kamis 1 hingga 2 Mei 2019.

Sejumlah Pesawat Tempur jenis Hawk 109/209, dua unit Helikopter EC-725 dan satu unit Pesawat NAS 332 itu sejak Selasa 30 April sudah mberada di Belitung. Bahkan sejumlah siswa dari TK hingga SMA sudah melihat secara langsung jenis pesawat tersebut di areal bandara H.AS Hanandjoeddin.

Loading...

Pada kesempatan itu juga sejumlah unsur Forkominda kab. Belitung terdiri dari Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana,SH.,MH, Kajari Belitung Ali Nurudin,SH.,MH  berikut para petinggi BUMN  didampingi Danlanud H.AS Hanandjoeddin Letkol (Pnb) Akal Juang ikut melihat alusista yang akan terlibat dalam latihan antar satuan jalak sakti tersebut.

Letkol Pnb Akal Juang mengatakan Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsau I) akan melaksanakan latihan puncak dengan sandi Jalak Sakti 2019 melibatkan sejumlah satuan jajarannya. Pada tahun 2019 ini akan dipusatkan di Bumi  Laskar Pelangi provinsi Bangka Belitung.

Latihan Jalak Sakti Koopsau I ini bertujuan menguji sejauh mana kemampuan alutsista dan awak pesawat dalam melaksanakan tugas operasi udara. Semua ini dalam rangka menegakkan dan mempertahankan kedaulatan negara di wilayah udara yang menjadi tanggung jawab Koopsau I.

“Latihan Jalak Sakti ini merupakan latihan rutin setiap tahunnya. Puncak latihannya berupa menuver lapangan yang kita selenggarakan di Air Weapon Range Buding (AWR), Lanud Haji Abdullah Sanusi Hanandjoeddin, Babel,” papar Akal Juang.

Akal menjelaskan, latihan ini akan melibat sejumlah Lanud di bawah jajaran Koopsau I dan sejumlah Skadron Udara yang mengawaki pesawat tempur, pesawat angkut maupun pesawat helikopter.

Sebelum pelaksanaan manuver lapangan, para pelaku telah melaksanakan Gladi Posko dan Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu, puncaknya adalah manuver lapangan yang akan digelar pada hari kamis mendatang (2/5).

Kajari Belitung Ali Nurudin,SH.,Mh sedang menikmati naik pesawat tempur milik TNI AU.

Sejumlah pesawat yang dilibatkan dalam pelaksanaan latihan ini adalah pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 12, Kemudian sejumlah pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16, untuk jenis pesawat  angkut dilibatkan pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31, pesawat CN-295 dari Skadron Udara 2, sementara untuk pesawat helikopter menggunakan helikopter EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8.

Pelaksanaan latihan puncak koopsau I tahun 2019 ini juga bersamaan dengan latihan Wing I Paskhas yakni latihan Hardha Marutha dan latihan Gwa Wijaya, Satbravo 90 Paskhas

Pada pelaksanaan manuver lapangan nantinya, masyarakat Bangka Belitung dapat menyaksikan latihan ini secara langsung di AWR Buding, tandas Akal Juang.**

Nasrul Rully

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close