Wujudkan Belitung Smart Island,Pemkab Belitung Gandeng GO-PAY di Ramadan Food Street

● Festival kuliner pertama di Belitung, pembayaran di seluruh merchant Belitung Ramadan Food Street bisa pakai GO-PAY ● Kehadiran GO-PAY di Ramadan Food Street merupakan kelanjutan dari kolaborasi PemkabBelitung dan GO-PAY untuk mewujudkan Kab. Belitung sebagai Smart Island pertama di Indonesia

POROSTVNEWS |BELITUNG –  GO-PAY terus berkomitmen untuk mendukung terwujudnya Belitung sebagai smart island. Kali ini, bersama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (KUMKM)Kabupaten Belitung, GO-PAY hadirkan ekosistem pembayaran nontunai di festival kuliner pertama di Belitung, yaitu Ramadan Food Street.

Kehadiran sistem pembayaran nontunai di Ramadan Food Streetini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemkab Belitung dan GOPAY pada Bulan Januari lalu. Lewat inovasi ini, masyarakat Belitung bisa membeli makanan dan minuman di seluruh merchant Ramadan Food Street menggunakan GO-PAY.

Pada Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya, GO-PAY dan Pemkab Belitung telah sepakat untuk menghadirkan ekosistem pembayaran nontunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari layanan kesehatan, pendidikan, pariwisata, hingga UMKM.

Loading...

Komitmen dalam kerja sama ini telah diwujudkan di sejumlah sektor, antara lain dengan kehadiran GO-PAY untuk pembayaran layanan kesehatan di 9 puskesmas dan 1 laboratorium bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, pembelian tiket masuk destinasi wisata Bukit Peramun bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, serta pembelian tiket masuk Museum Tanjung Pandan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan.

Sinergi antara Pemkab Belitung melalui Dinas KUMKM dengan GO-PAY untuk Ramadan Food Street kali ini merupakan perwujudan komitmen kedua belah pihak dalam sektor UMKM. Bupati Kabupaten Belitung H. Sahani Saleh mengatakan, dengan menggandeng GO-PAY di Ramadan Food Street ini, kami ingin memperkenalkan sistem pembayaran nontunai ke pelaku UMKM. Ke depannya, kami berharap akan ada semakin banyak pelaku UMKM di Belitung yang memanfaatkan pembayaran nontunai dan masyarakat Belitung pun juga jadi semakin terbiasa menggunakan teknologi pembayaran nontunai, papar Sahani Saleh yang biasa disapa Sanem.

Ia pun menambahkan bahwa pengenalan sistem pembayaran nontunai di Belitung ini merupakan bagian dari dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) serta upaya mewujudkan Belitung sebagai smart island. “GNNT yang diinisiasikan oleh pemerintah tidak hanya ditujukkan untuk kota-kota besar, namun juga pulau-pulau seperti Belitung.

Pemerintah Kab. Belitung pun terus berupaya untuk mewujudkan Belitung sebagai smart island agar pembangunan daerah dapat dipercepat dan pelayanan publik dapat ditingkatkan. Salah satunya yaitu dengan menghadirkan ekosistem pembayaran nontunai di tengah-tengah masyarakat,” ujar Sahani.

Bagi para pelaku UMKM, metode pembayaran nontunai dapat membantu mereka agar bisa memiliki pencatatan arus kas yang lebih baik dan kemudahan bertransaksi tanpa perlu menyiapkan uang kembalian. Head of Sales GO-PAY Arno Tse mengungkapkan, manfaat metode pembayaran nontunai sudah dirasakan oleh ratusan ribu pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Kami terus berupaya agar manfaat ini dapat dirasakan oleh jutaan pengusaha mikro Indonesia termasuk di Belitung, sehingga para pelaku UMKM di Belitung pun bisa meningkatkan skala usahanya dan cepat naik kelas. GO-PAY sendiri saat ini telah menggandeng lebih dari 360.000 rekan usaha di mana 40% nya adalah UMKM.

Memanfaatkan momentum Bulan Ramadan, Food Street resmi dibuka pada hari ini di Jalan Kemuning,Tanjung Pandan oleh Bupati Kabupaten Belitung H. Sahani Saleh. Namun, Food Street  sendiri tidak hanya akan berlangsung selama Bulan Ramadan melainkan seterusnya. Terdapat 31 merchant makanan dan minuman yang tersedia di Food Street dan pengunjung yang melakukan pembayaran dengan GOPAY akan mendapatkan cashback sebesar 30% dengan maksimal nominal Rp 5.000.

“Harapannnya, manfaat pembayaran nontunai yang dirasakan oleh ke-31 merchant di Food Street ini nantinya bisa menginspirasi para pelaku UMKM lainnya untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usahanya, sehingga masyarakat pun jadi semakin terbiasa dengan manfaat pembayaran nontunai dan manfaat tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas di Belitung,” tutup Arno.

Untuk diketahui,  GO-PAY adalah layanan uang elektronik terdepan di Indonesia.Sebagai bagian dari ekosistem GOJEK, perusahaan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, GO-PAY memiliki misi membantu jutaan keluarga Indonesia untuk memiliki akses kepada berbagai layanan dan produk jasa keuangan. Pada Juli 2017 lalu, GO-PAY memenangkan Penghargaan Bank Indonesia untuk kategori Perusahaan Fintech Teraktif Pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM.*

Rully/Release

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close