Siapkan Satuan Kewilayahan, Kodim 0414/Belitung Latihan Posko 1 Satam sakti IV

POROSTVNEWS |TANJUNGPANDAN –  Untuk menyiapkan satuan kewilayahan Kodim 0414/Blt dalam rangka penanggulangan bencana alam dan membentuk prajurit serta satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas yang akan dihapkan dilapangan, Korem 045/Garuda Jaya  menggelar  Latihan Posko I Tahun 2019 di wilayah Kodim 0414/Belitung Selasa (18/6/2019).

Latihan Posko I Kodim 0414/Belitung  “Satam Sakti IV” ini bertempat di Aula  Kodim 0414/Blt Kepala Seksi Operasional (Kasiops) Rem 044/Gaya Mayor Arh Rimba Anwar S.Ip seijin  Danrem 045/Gaya Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman, S.E. saat melaksankan brifing pelaku mengatakan “Dalam latihan ini bukan seperti pendidikan untuk mencari nilai baik, tapi harapan dari pimpinan Korem 045/Gaya dengan adanya latihan posko ini setiap anggota mengerti tahapan tahapan dari proses hubungan Komandan dan para Stafnya” ungkapnya.

Loading...

Latihan posko I ini merupakan latihan  operasi membantu penanggulangan bencana banjir di wilayah Kabupten Belitung dalam rangka operasi penanggulangan bencana alam.

Latihan Posko I tingkat Kodim ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam menanggulangi bahaya banjir dan    angin puting beliung  seperti yang tercantum dalam tema latihan kali ini, “Kodim 0414 Belitung melaksanakan operasi bantuan kepada  Pemerintah Daerah untuk mengatasi bencana banjir, pengungsian dan bantuan kemanusiaan dalam operasi militer selain perang”.

Prajurit yang profesional dibutuhkan melaksanakan program latihan yang terencana, terarah, bertahap, bertingkat, dan berlanjut.  Dalam upaya meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan saat ini bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus dikuasai oleh setiap prajurit kewilayahan, karena tugas yang dihadapi ke depan akan semakin komplek sesuai dengan dinamika yang berkembang pesat .

Sedangkan sasaran Latihan posko I yang harus dicapai  yakni memahami dan  mampu dalam melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf dalam perencanaan operasi, memahami dan mampu melaksanakan komando dan pengendalian operasi serta memahami dan mampu pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan taktis.         –                             Untuk mencapai tujuan dan sasaran Latihan posko I ini maka sekenario latihan harus dapat mendekati situasi yang sebenarnya di lapangan.

Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya di lapangan.                  –  Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang “manfaatkan kesempatan ini dengan baik dalam latihan posko I ini untuk mengasah kembali kemampuan sebagai prajurit Kodim 0414 /Blt”.

“Ikuti tahapan tahapan RIL yang di lempar oleh penyelenggara, selalu koordinasi dengan staf lainnya apabila  ada persoalan dan jaga kekompakan dan semangat kerja”  ungkapnya.** (Rh/release)

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close