Babinsa Desa Sungai Padang Ajak Masyarakat Budidaya Rumput Laut

POROSTVNEWS| BELITUNG –  Sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat Babinsa (Bintara Pembina Desa) Koramil 01/Tanjungpandan Sertu Ahmad Saadi, melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat agar terus membudidayakan Rumput Laut bertempat di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, (Selasa 9/07/2019).

Sertu Ahmad Saadi seijin Danramil 01 Tanjungpandan Mayor inf Trijoyo mengatakan bahwa “kegiatan pendampingan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk membantu kesulitan masyarakat, meningkatkan taraf hidup warga binaannya yang selama ini ketergatungan terhadap profesinya sebagai Nelayan dan kesehariannya hanya menangkap ikan

Loading...

Dengan adanya terobosan baru ini  pembinaan penanaman rumput laut ini bisa menjadikan mata pencaharian  cadangan di saat gelombang besar sehingga para nelayan tersebut berhenti sementara untuk melaut menangkap ikan sudah ada alternatif lain dengan budi daya rumput laut”.

Dengan dikembangkan sektor pembudiyaan rumput laut ini masyarakat tersebut dapat mewujudkan ketahanan pangan terutama meningkatkan taraf ekonomi dan tetap memberikan nafkah bagi keluarganya.

Dengan adanya pendampingan dari Babinsa, yang turun langsung membantu masyarakat secara terus menerus harapannya akan memberikan semangat bagi masyarakat agar tetap  membudidayakan rumput laut yang sudah mulai berkembang pesat di Desa Sungai padang ini.

Semakin banyak permintaan pasar yang membutuhkan bahan baku dari Rumput Laut sebagai bahan baku Makanan, Kosmetik, obat obatan dan lainnya, maka minat masyarakat semakin besar untuk ikut andil membudidayakan rumput laut ” dalam hal ini tugas dan tanggungjawab  seorang Babinsa di wilayah tersebut  untuk terus melakukan pendampingan agar selalu menumbuhkan kembangkan semangat masyarakat sekitarnya dan sekaligus mengajak mereka agar terus melakukan budidaya Rumput Laut, ” tegasnya.

Adapun kegiatan Babinsa bersama masyarakat yang sedang memelihara perkembangan rumput laut tersebut hanya memerlukan waktu sangat singkat, masa panen rumput laut, sekitar usia rumput laut 40 sd 50 hari.

Menanam rumput laut ini sangat mudah karena tidak memerlukan proses  pemupukan, hanya saja  harus selalu dibersihkan dari sampah serta menjaga jangan sampai tali yang mengikat rumput laut membelit atau kusut karena ombak.

Sementara itu, Ketua Budidaya Rumput Laut Sekdis Kelautan dan Perikanan Kab. Belitung Idhamsyah menyampaikan, sangat terbantu sekali atas peran serta Babinsa Koramil 01/Tanjungpandan Sertu Ahmad Saadi yang bersedia turun langsung ke lapangan.

Sudah 3 poktan di bawah naungan Babinsa yaitu, kelompok tani bapak Hani, budidaya rumput laut +- 1.200 titik,dengan kelompoknya berjumlah 3 orang dan kelompokbapak Sari berjumlah 2 orang, Budidaya sebayak 4.000 titik,Sedangkan kelompok Babinsa sebanyak 11.000 titik.Babinsa terus mensosialisasi kan kepadaa warga agar ikut membudidaya rumput laut, karena ini merupakan pekerjaan sampingan, selain pekerjaan pokok warga sebagai nelayan.

“Dengan kehadiran Babinsa yang turun langsung membantu budidaya Rumput Laut, maka harapanya akan meningkatkan penghasilan tambahan selain sebagai Nelayan ” pungkasnya.**

Sumber: Release/ tj

Editor    : Rully

Loading...
Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close