Ditetapkan Daerah Transmisi Lokal, RSMJ Belitung Rawat 9 Pasien Covid-19

Dr.Hendra: Saat ini seluruh pasien positif Covid-19 yang berjumlah 3 pasien, 5 OTG dengan Rapid Test reaktive dan 1 PDP sedang menjalani isolasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono untuk mendapatkan penanganan sesuai protap dan ketentuan yang berlaku.

TANJUNGPANDAN, BELITUNG – Tiga hari terakhir, Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Pulau Belitung Provinsi Bangka Belitung  sekaligus Pusat Deteksi dan Isolasi Covid-19 telah memeriksa 100 OTG dan 1 PDP terkait tracking kasus positif Covid-19 dari cluster pasien 921, 923 dan 931 dengan 5 ODP reaktif dan 1 PDP.

Kelima ODP reaktive dan 1 PDP telah diisolasi dan 4 ODP Rapid reaktive (pasien 951, 965, 988 dan 989) telah dilakukan swab tenggorokan pertama.  Selanjutnya swab pertama akan dilakukan Uji PCR dengan Alat TCM Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono hari ini ( Selasa, 26 Mei 2020).

Berdasarkan press release yang dikeluarkan UPT RSUD Marsidi Judono, Senin malam (25/05/20) yang ditandatangani dirktur RSUD dr.Hendra, Sp.An menyebutkan, 6 pasien OTG dan 1 PDP yang dilakukan pemeriksaan Rapid Test serum darah dengan hasil 1 ODP Rapid hasil Test Reaktive dan 4 OTG hasil Rapid Test Not Reaktive.

OTG Rapid Test reaktif dan PDP adalah No ID Nama JK Usia Status Alamat Rapid Tes Rawat 1 1014 SD L 67 ODP Pangkalalang Reaktif dan saat ini di  Isolasi RSMJ. Sedangkan nomor ID  1015 inisial TH L (67) PDP Air Ketekok Non Reaktif Isolasi RSMJ.  Pasien ODP 1014 dengan Rapid Test reaktive pernah kontak erat dengan pasien 921 positif Covid-19 saat pasien 921 menyerahkan zakat fitrah.

Sedangkan pasien 1015 PDP dengan usia lebih dari 60 tahun (67) datang dengan keluhaan demam selama 7 hari, ada gejala batuk, nyeri tenggorokan dan setelah dilakukan pemeriksaan rontgen dada ditemukan gambaran pneumonia satu sisi yang mendukung untuk ditetapkan sebagai PDP sambil menunggu hasil uji PCR swab tenggorokan untuk membuktikan apakan pasien tersebut confirm positif atau negatif.

Dijelaskan Hendra, Bila hasil Uji PCR 4 ODP Rapid Test reaktive hasil negatif maka akan segera dilakukan pengambilan swab tenggorokan kb-2 dan langsung di uji PCR dengan alat TCM. Jika hasilnya negatif maka,  ODP Rapid Test reaktive akan dinyatakan sehat dan bebas dari infeksi Covid-19 dan segera dipulangkan.  namun sebaliknya,  bilamana hasil swab pertama hasil positif maka ODP Rapid Test reaktive ditetapkan menjadi pasien confirm positif Covid-19 dan melanjutkan isolasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono sampai sembuh dan ODP Rapid Test reaktive dengan hasil uji Swab PCR Pertama Positif tidak dilakukan uji PCR swab tenggorokan ke-2.

Untuk ODP 1014 Rapid reaktive dan PDP 1015 yang ditemukan pada hari Seinin kemaein akan dilakukan har ini(Selasa26 Mei 2020 )dan langsung dilanjutkan uji PCR swab pertama.

Daerah Transmisi Lokal 

Masih kata Hendra, perlu diketahui dan dipahami bahwa, Kabupaten Belitung sudah ditetapkan sebagai daerah dengan transmisi lokal Covid-19 sehingga sangat memungkinkan beberapa pasien positif Covid-19 yang ditemukan di Kabupaten Belitung maupun Kabupaten Belitung Timur bersumber dari penularan lokal tidak hanya dari kasus impor sehingga kenapa kita semua harus patuh dan disiplin menjalankan semua protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan covid-19.

Salah satu pasien positif Covid-19 yang sekarang dirawat yaitu 931 sangat mungkin terjadi karena adanya transmisi lokal virus Covid-19 yang telah menyebar di wilayah Kabupaten Belitung maupun Kabupaten Belitung Timur karena riwayat perjalanan pasien 931 yang pernah melakukan pekerjaan pemantauan didaerah pasar Manggar Beltim dan aktifitas yang bersangkutan yang pernah beberapa kali pergi ke pasar tanjungpandan.

Saat ini seluruh pasien positif Covid-19 yang berjumlah 3 pasien, 5 OTG dengan Rapid Test reaktive dan 1 pasien PDP sedang menjalani isolasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung untuk mendapatkan penanganan sesuai protap dan ketentuan yang berlaku.

Kepada seluruh masyarakat yang merasa pernah kontak erat, pernah berada dalam satu ruangan, pernah berada dalam satu mode transportasi terhadap ketiga pasien Covid-19 tersebut harap segera melaporkan dan memeriksakan diri di posko Covid-19 Dinas Kesehatan terdekat atau pusat deteksi Covid-19 RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan sesuai protap yang berlaku untuk mencegah penyebaran kasus lebih luas.

Pusat Deteksi Covid-19 RSUD dr. H. Marsidi Judono akan terus melakukan Rapid Test terhadap OTG-OTG hasil tracking pasien positif Covid-19 setiap hari meskipun hari libur dengan jadwal pagi pukul 10.00 sd 12.00 dan sore pukul 15.00 sd 17.00. Sedangkan untuk pemeriksaan Uji PCR dengan Alat Real Time PCR TCM Gen Expert jadwal pemeriksaan menyesuaikan. **) rel

Editor: Nasrul Rully

Tandai
Menampilkan lebih banyak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close