Jemput Bola ,Samsat “ Stempoh” Belitung Kembali Datangi Desa

BELITUNG | POROSTVNEWS.COM –  Dalam rangka memberikan pelayanan yang inovatif  kepada masyarakat hingga ke pedesaan, UPT Bakuda Belitung atau biasa disebut Kantor Samsat kembali melaksanakan program Samsat Stempoh.

Program Samsat Stempoh yang  di lounching Januari 2019 lalu oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman tersebut merupakan satu program untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih efektif dan efesien, transparan dan akuntabel dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan tujuan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Program jemput bola pelayanan membayar pajak kendaraan bermotor hingga ke pedesaan tersebut, digelar Samsat Belitung di Desa Membalong, Kecamatan Membalong, kabupaten Belitung, Rabu (5/8/2020).

Kegiatan Samsat Setempoh atau Samsat Dilevery tersebut langsung dipimpin Kepala samsat Belitung Alexander Ihsan dan dibantu oleh beberapa stafnya dalam melayani wajib pajak kendaraan bermotor.

Pada kesempatan itu, Alexander Ihsan yang didampingi Kapolsek Membalong AKP Kartyadi, S.H mengatakan, nama Stempoh diambil dari kearifan lokal yang artinya bertemu . Samsat Stempoh bertugas melakukan jemput bola penerimaan pajak hingga ke desa .

Pelayanan Samsat Stempoh khusus melayani pengesahan STNK setiap tahun, dan pembayaran BPKB dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan. Sementara untuk ganti STNK wajib pajak tetap datang ke kantor samsat lantaran ada persyaratan lainnya seperti wajib melakukan cek pisik kendaraan.

Dikatakan Alexander,dengan adanya program Stempoh ini masyarakat pedesaan tidak perlu dating ke kantor samsat Belitung untuk membayar pajak kendaraan bermotor cukup membayar ke petugas Samsat Stempok yang datang ke desa.

“Program Setempoh sempat tidak berjalan lantaran pandemic Covid 19 sejak April 2020 lalu. Awal Agustus ini akan berjalan seperti biasa sebanyak 3 kali satu bulan tim akan turun ke wilayah kecamatan maupun desa,” ucap Alex seraya mengatakan semua petugas tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melayani masyarakat.

“Sebelum petugas datang ke desa, sebelumnya kita sudah umumkan melalui group-group media social terkait jadwal kehadiran samsat stempoh di desa,” ujar Alexander Ihsan.

Sementara salah seorang masyarakat bernama Arman (40) mengatakan, sangat terbantu dengan adanya program Samsat setempoh ini. Masyarakat tidak perlu harus ke Tanjungpandan untuk membayar pajak kendaraan bermotor cukup datang ke desa.**

Nasrul Rully

Tandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close