Ekonomi Berbasis Keterampilan, Kel. Lesungbatang Gelar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

Heru Saputra, S.STP: "Instruktur Didatangkan dari Tanaga Profesional Dibidangnya"

TANJUNGPANDAN|POROSTVNEWS.COM –  Guna meningkatkan produktivitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungan masyarakat. Kelurahan LesungbBatang, kec. Tanjungpandan, kab. Belitung menggelar berbagai pelatihan keterampilan bagi masyarakatnya.

Adapun jenis pelatihan keterampilan yang di ikuti puluhan masyarakat tersebut yakni, keterampilan Tata Rias, Sovenir, Gunting Rambut dan keterampilan tehnik dasar pengelasan. Semua kegiatan pelatihan keterampilan ini dilaksanakan di kantor kelurahan Lesungbatang.

Lurah Lesungbatang, Heru Saputra,S.STP (kiri) dan Peserta Pelatihan Keterampilan Gunting Rambut Rabu (2/9/2020) di Aula kelurahan.. Foto: Syawaludin Harahap

“Pelatihan keterampilan bagi masyarakat sudah dimulai sejak pertengahan Agustus 2020 lalu. Sekarang sudah memasuki pelatihan gunting rambut,” ujar Lurah Lesungbatang, Heru Saputra, S.STP ketika ditemui diruangan kerjanya, Rabu (2/9/2020).

Dikatakan Heru, khusus pada pelatihan keterampilan gunting rambut yang saat ini berlangsung selama  enam hari (2- 4 dan dilanjutkan sampai 9 september 2020)  dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang.

Sedangkan untuk pelatihan keterampilan jenis Tata Rias dan Sovenir sudah dilaksanakan sejak pertengahan Agustus lalu. Sementara pelatihan Tehnik Dasar Las akan dilaksanakan setelah selesai pelatihan keterampilan gunting rambut.

Ketika ditanya terkait program pelatihan keterampilan, Heru mengemukakan bahwa pelatihan ini merupakan program dari Pemkab Belitung melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa dan sebagai pelaksanaannya dilakukan oleh Kelurahan Lesung batang.

“Kegiatan ini tentunya bekerjasama dengan para instruktur yang berpengalaman dibidangnya dalam memberikan materi pelatihan kepada peserta,” papar Heru seraya berharap usai pelatihan ini para peserta yang dididik bisa mbermanfaat dan selanjutknya bisa membuka usaha sesuai bidang yang di ikutinya.

Dan yang tak kalah penting kata Heru Saputra, ilmu yang diudapat dari pelatihan keterampilan ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat desa atau lurah guna menciptakan masyarakat yang berdayaguna dan memiliki kualitas yang unggul dalam menopang kelangsungan perekonomian keluarga.**

Reporter: Syawalludin harahap

Editor      : Nasrul Rully

Tandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close