Antisipasi dan Jaga Stabilitas Keamanan, Kejari Beltim Gelar Rakor PAKEM

BELITUNG TIMUR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung Timur menggelar pertemuan bersama tim koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM). Digelarnya pertemuan ini,selain untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban umum jelang  perhelatan pilkada 9 Desember mendatang, juga untuk mendeteksi secara dini kemungkinan munculnya aliran yang salah berkembang di Indonesia khususnya di Belitung Timur.

Rapat kordinasi Pakem ini dibuka langsung Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur Abdur Kadir, S.H., M.H dan dihadiri di hadiri oleh  Kasi Intelijen, Kasi Pidsus, Kasubagbin Kejari Beltim serta Kandepag Beltim, Sekretaris FUKBBeltim, Plt. Camat Manggar, Danramil Manggar, Kasat Intelkam Polres Beltim dan para Tokoh Agama se-Kabupaten Belitung Timur di Aula kejari), Rabu (14/10/2020).

Kepala Seksi Intelijen Kejari Beltim Angga Insan Husri, S.H., M.H mengatakan, Rapat koordinasi ini adalah untuk membahas berbagai persoalan kerja tim Pakem  terkait masalah ketentraman dan ketertiban jika ada aliran yang salah berkembang khususnya di Beltim menjelang pilkada tahun ini.

Sementara Kasi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Beltim Andi Saputra Sitepu, S.H.,M.H pada presentasinya menyampaikan peran Bakorpakem dalam menjaga stabilitas Nasional.

Disampaikan Andi, tupoksi Pakem adalah menerima dan menganalisa laporan dan info tentang aliran Kepercayaan Masyarakat atau AliranKeagamaan untuk mengetahui dampak-dampak bagi ketertiban dan ketentraman umum serta mengajukan laporan dan saran sesuai dengan jenjang wewenang dan tanggungjawab.

Meskipun saat ini Belitung Timur cukup aman, namun, Tim p engawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat Kab. Belitung Timur tetap harus waspada, dan tetap  terus mengantisipasi, pinta Andi seraya mengatakan Tim Pakem internal Kejari Beltim siap dilibatkan dalam berbagai kegiatan tentang Aliran Kepercayaan Masyarakat yang ada di Belitung Timur.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Belitung Timur menyebutkan bahwa pada tahun 2018 danTahun 2019 Kab. Belitung Timur mendapatkan peringkat satu terkait penanganan pengawasan Aliran Kepercayaan. **

Nasrul Rully

 

Tandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close