Awas! Transmisi Lokal Covid-19 di Belitung Mencemaskan, Hari Ini Bertambah 7 Pasien

12 Hari Terakhir Terjadi Penambahan 36 Pasien.4 anak SD terpapar di 3 Sekolah berbeda

TANJUNGPANDAN – ‘ANCAMAN’ outbreak atau ledakan wabah Covid-19  di kab. Belitung mulai mengkawatirkan. Dan, yang lebih mencemaskan lagi, terjadinya transmisi atau penyebaran lokal dan tanpa didahului gejala (assymptomatic).

Buktinya, dalam rentang waktu 11 hari belakangan di Belitung terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid 19 sebanyak 29 orang. Dan hari ini, Sabtu (21/11/2020) berdasarkan release Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19  Kabupaten Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos  menyampaikan terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid 19 sebanyak 7 orang.

Artinya, selama 12 hari terakhir jumlah yang terkonfirmasi positif sebanyak 36 pasien. Jika diakumulasikan sejak awal, jumlah pasien positif Covid 19 di Belitung sebanyak 103 pasien.

Adapun data penambahan 7 pasien terkonfirmasi positif covid 19 berdasarkan data dari Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung dan Labkesda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah melakukan uji PCR Spesimen Swab tenggorokan pada pasien dengan hasil sebagai berikut:

Pasien 1811 adalah perempuan berusia 18 (Delapan Belas) tahun, yang beralamat di Paal Satu, Pasien adalah adik dari pasien Konfirmasi 1782 (SM/Pr/31 Th). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ini dinyatakan Konfirmasi Covid-19.

Pasien 1825 adalah perempuan berusia 10 (Sepuluh) tahun, pelajar SDN 48 Tanjungpandan. Pasien beralamat di Perawas. Pasien adalah anak dari pasien Konfirmasi 1784 (HV/Pr/59 Th). Hasil  pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ini dinyatakan Konfirmasi Covid-19.

Pasien 1831 adalah perempuan berusia 44 (Empat Puluh Empat) tahun, ibu rumah tangga yang beralamat di Aik Merbau. Pasien adalah anak dari almarhumah pasien Konfirmasi 1760 (HA/Pr/69 Th). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ini dinyatakan Konfirmasi Covid-19.

Pasien 1832 adalah laki-laki berusia 42 (Empat Puluh Dua) tahun, wiraswasta yang beralamat di Aik Ketekok. Pasien adalah anak dari almarhumah pasien Konfirmasi 1760 (HA/Pr/69 Th). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ini dinyatakan Konfirmasi Covid-19.

Pasien 1833 adalah laki-laki berusia 48 (Empat Puluh Delapan) tahun, karyawan swasta yang beralamat di Aik Ketekok. Pasien adalah anak dari almarhumah pasien Konfirmasi 1760 (HA/Pr/69 Th). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ini dinyatakan Konfirmasi Covid-19.

Pasien 1835 adalah perempuan berusia 9 (Sembilan) tahun, pelajar SDN 25 Tanjungpandan. Pasien beralamat di Aik Ketekok. Pasien adalah cucu dari almarhumah pasien Konfirmasi 1760 (HA/Pr/69 Th) dan anak dari pasien 1832 (RO/Lk/42Th). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ini dinyatakan Konfirmasi Covid-19.

Pasien 1836 adalah perempuan berusia 8 (Delapan) tahun, pelajar SDN 25 Tanjungpandan. Pasien beralamat di Aik Merbau. Pasien adalah cucu dari almarhumah pasien Konfirmasi 1760 (HA/Pr/69 Th) dan anak dari pasien 1831 (LI/Pr/44Th). Hasil pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung hari ini dinyatakan Konfirmasi Covid-19.

Ketujuh pasien akan diisolasi di Pusat Karantina SKB. Pusat Isolasi RSUD dr.H Marsidi Judono sedang merawat 5 (Lima)orang pasien Konfirmasi Covid-19 dengan gejala sedang dan berat. Pusat Isolasi SKB Kabupaten Belitung sedang merawat total 23 (Dua Puluh Tiga) orang pasien Konfirmasi Covid-19 dengan kondisi stabil, gejala ringan dan tanpa gejala, sehingga saat ini Satgas Percepatan Covid-19 Kabupaten Belitung sedang merawat dan mengisolasi total 28 (Dua Puluh Delapan) orang pasien Konfirmasi Covid-19.

Sahani Saleh yang biasa dipanggil Sanem itu menyampaikan, sekarang sedang terjadi transmisi lokal Covid-19 di Kabupaten Belitung. Bagi masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien Konfirmasi Covid-19, berada dalam satu ruangan lebih dari 15 (Lima Belas) menit, berdekatan dengan jarak kurang dari 2 (Dua) meter diharapkan untuk segera menghubungi Dinas Kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat. Jika sudah ada gejala demam dan sesak nafas bisa datang ke Pusat Deteksi Covid-19 RSUD dr.H.Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

Bahkan sanem menghimbau untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Lakukan 4M (Mencuci tangan secara rutin, memakai Masker/face shield, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan). Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dari ancaman mara-bahaya dan sakit-penyakit.** rel

Nasrul Rully

 

 

Tandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close