Cetak Rekor Kasus Harian, 18 Orang Terpapar COVID-19 di Kab.Belitung

Wabup: "Lakukan 7 Langkah ini?"

BELITUNG – Penambahan pasien harian wabah Corona di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulaun Bangka Belitung pada 1 Desember 2020 mencatatkan rekor baru. Penambahan kasus dilaporkan mencatat angka tertinggi dalam laporan harian Covid-19.

Berdasarkan release  Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos 1 Desember 2020 yang diterima redaksi Porostvnews.com sekitar pukul 20.54  WIB menyebutkan 18 orang terkonfirmasi COVID-19.

Dari data diketahui, Selasa (1/12/2020) ada rekor penambahan 18 kasus baru.  Sebelumnya penambahan kasus harian tertinggi dalam sepuluh hari terakhir maksimal tujuh orang yang terajadi pada tanggal 21 dan 23 November 2020 lalu.

Berdasarkan release  yang dirangkum redaksi, hingga 1 Desember 2020 jumlah kasus Covid-19 di kab. Belitung 153 kasus, sembuh 111 orang dan meninggal 6 orang dan sisanya masih dalam perawatan maupun di isolasi.

Bahkan hasil rangkuman release oleh redaksi, penambahan kasus baru Covid 19  transmisi lokal di kab. Belitung yang terjadi sejak 11 November 2020 hingga 1 Desember 2020 terjadi penambahan kasus baru sebanyak 86 kasus. Dan, terhitung dari 21 Nov hingga 1 Desember 2020 (10 hari terakhir) terjadi 57 kasus baru.

Menyikapi situasi mencemaskan ini,  Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie ketika dihubungi, Selasa (1/12/2020) malam meminta agar segera mempersiapkan pusat karantina alternatif sesegera mungkin, mengingat kondisi jumlah pasien sudah melampaui kapasitas di SKB.

Diakatakan wabup, ada tujuh poin yang harus dilakukan segera untuk menantisipasi transimisi lokal penyebaran virus corana di kab. belitung yakni. Pertama.Agar dilakukan pembatasan  dinas luar dikalangan ASN pemkab Belitung selama 14 hari ke depan.Dua, Apabila terpaksa dilakukan dinas luar tersebut, agar dapat dilakukan pemeriksaan minimal rapid test antigen saat baru tiba di Belitung/sebelum kembali ke rumah/keluarga.

Tiga, Agar kegiatan rapat pemda atau sejenisnya dilaksanakan secara Offline atau di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yg baik sesuai protokol kesehatan ketat. Empat, Agar segera mempersiapkan pusat karantina alternatif sesegera mungkin, mengingat kondisi jumlah pasien sudah melampaui kapasitas di SKB. Lima,Agar dilakukan razia dan patroli secara tegas terus menerus setiap hari terhadap disiplin protokol kesehatan masyarakat terkhusus di kecamatan tanjungpandan.

Enam,Agar mengaktifkan kembali satgas desa dalam melakukan pencegahan penularan covid19 di wilayah masing masing dan ketujuh,Membatasi kegiatan yang bersifat seremonial yang tidak ada kaitan dengan aktivitas stimulasi ekonomi maupun keolahragaan.*

Nasrul Rully

Tandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close