Perkara Arak Tahap Dua, Pasutri Segera Duduk di Kursi Pesakitan PN Tanjungpandan

BELITUNG – Hanya berselang beberapa hari setelah berkas perkara penggerebekan pabrik arak dinyatakan lengkap,penyidik Sat Narkoba Polres Belitung akhirnya menyerahkan dua tersangka dan barang bukti atas perkara penggerebekan pabrik arak. Penyerahan dua tersangka dan BB tersebut berlansung di Kejari Belitung, Selasa (22/12/2020).

Selain menyerahkan dua tersangka  ayang juga pasangan suami istri (Pasutri) Fan Tjin (64) dan Ester (62) penyidik dibantu Satpol PP Kabupaten Belitung juga menyerahkan ratusan liter arak fermentasi yang tersimpan dalam empat drum plastik beserta peralatan produksi.

“Perkara miras dari penyidik Polres Belitung sudah diserahkan untuk tersangka dan barang bukti atau istilahnya tahap kedua. Jadi perkara ini akan segera disidangkan,” ujar Kajari Belitung Ali Nurudin, kepada awak media Selasa (22/12/2020).

Ali  menjelaskan, kedua tersangka tidak ditahan oleh kejaksaan dikarenakan sesuai ketentuan KUHAP ( Kitab Undang undang Hukum Acara Pidana) yang ancamannya di bawah lima tahun, tidak dikenakan penahanan.

Ditambah lagi pasal yang disangkakan dalam berkas perkara Undang-Undang Pangan ancamannya hanya dua tahun penjara.

“Memang di KUHAP ada yang dikecualikan tapi pasal tentang Undang-Undang Pangan ini tidak disebutkan walau ancamannya dua tahun bisa ditahan. ” tandas Ali.**

Tandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close