Izin Pamit, Reunian Ala Sundanese Belitung Mengiringi Pindah Tugas Kajari Ali Nurudin

POROSTVNEWS.COM – “Nineung Katineung,” memiliki makna Mengenang Kenangan yang Tak Terlupakan digelar warga Sundanese baik yang berada di Tanjungpandan maupun  dengan warga sunda di seluruh Indonesia yang pernah tugas di Kabupaten Belitung.

Acara Nineung Katineung Sundanese melalui zoom metting ini  terlaksana atas inisiatif Mantan Kepala Kantor KPPN Tanjungpandan, Rd Yen Yen Nuryeni berkenaan izin pamitnya Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Ali Nurudin, SH, MH yang akan pindah tugas dari Tanjungpandan, Belitung.

Menjelang keberangkatan untuk menunaikan tugas barunya sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Batang, JawaTengah. Ali Nurudin  izin pamit dengan seluruh warga sunda di Tanjungpandan maupun dengan warga sunda di seluruh Indonesia yang pernah tugas di Kabupaten Belitung.

Alumni Universitas Sebelas Maret izin pamit undur diri dari Negeri Laskar Pelangi lantaran sebentar lagi akan pindah tugas ke Provinsi Jawa Tengah. Ia, mendapat promosi jabatan baru sebagai Kajari Batang.

Pesan tersebut disampaikan Ali Nurudin, SH, MH pada acara reunian warga Sundanesse Belitung melalui zoom meeting dengan Host, Herry (Guru SMK Negeri 2 Tanjungpandan) yang merangkap sebagai dalang Si Cepot, di Kawasan KV Senang, Minggu (28/2/2021) pagi.

“Alhamdullilah, saya bersyukur kepada Allah SWT atas kesempatannya mendapat amanah sebagai Kajari Belitung. Sebab, Belitung mempunyai alam yang indah, juga masyarakatnya pun ramah dan sangat baik. Karena itu, saya merasa tinggal dan tugas di Kabupaten Belitung seperti berada di rumah sendiri,” kata Ali Nurudin.

Menurut ayah dua anak itu, masa tugasnya semakin berwarna karena terdapat warga sunda dengan beragam profesi yang sama-sama merantau di Negeri Laskar Pelangi. Diantara mereka ada yang bertugas di Kantor KPPN, Kejaksaan, TNI-Polri, BUMN, Tenaga Guru, Maskapai Penerbangan, Perhotelan, Perusahaan Swasta, Ustadz hingga ASN dibawah naungan Pemkab Belitung.

“Akhirnya terbentuk dan bergabung lah di WA grup bernama Sundanese. Disini kami bisa saling bersilahturahmi, selain pertemuan langsung di Kopi Kong djie atau di tempat kuliner lainnya,” ungkapnya.

Namun kata Ali Nurudin, saat ini satu persatu warga Sundanese tersebut sudah alih tugas. Untuk itu, Mantan Kepala Kantor KPPN Tanjungpandan, Rd Yen Yen Nuryeni berinisiatif menggelar kegiatan reunian tersebut, sekaligus acara pelepasan dirinya yang berlangsung secara sederhana. Silaturahmi ini sebagai tanda saudara yang akan terjalin terus, walau ia dimana pun berada.

“Saya sangat berkesan sekali dengan kekompakan dan kesepahaman pandangan warga sunda untuk berbuat positif. Walaupun kiprahnya hanya dirasakan warga ditempat tugas dan bukan untuk ditempat asalnya. Salah satunya adalah Ibu Yen Yen mantan Kepala KPPN Tanjungpandan.”

Sebagai Ketua Sundanese, beliau berhasil membawa prestasi untuk Belitung dan kita semua bisa dekat dan tanpa sekat dalam bersilaturahmi. Beliau berbuat hal-hal yang sangat baik dan didukung oleh kita sebagai anggotanya. Ini merupakan sejarah hidup yang tidak akan terlupakan. Terima kasih Sundanese dan Belitung Semoga terus bergerak, berkarya dan maju,” pesannya.

Senada, Rd Yen Yen Nuryeni mengatakan, reunian warga Sundanesse Belitung bertema, ‘Nineung Katineung’ atau mengenang kenangan yang tak terlupakan ini untuk mengiring langkah dan do’a untuk salah satu warga Sundanese Belitung yaitu Kang Ali Nurudin yang sudah dilantik dan diberi amanah sebagai Kajari, Batang Jawa Tengah.

Karena itu melalui zoom meeting dihadiri warga Sundanese di Belitung dan diluar Belitung. Diantara dari Papua, Bandung, Banjarmasin, Jakarta, Tanjung Balai Karimun Riau, Cianjur dan yang masih di Belitung.

Ia bersyukur ikatan persaudaraan sundanesse tetap terjalin erat. Baik ketika masih sama-sama di Belitung maupun sampai dengan sekarang ini yang sudah berada didaerah lain. Sehingga bisa saling menguatkan dan saling berbagi dukungan yang positif serta do’a. Dengan harapan, warga Sundanesse bisa memberikan karya terbaiknya, ketika dimanapun berada. Karena itu lah yang akan menjadi lahan kebaikan saat dimanapun bertugas dan dalam bidang apapun.

“Kang Ali sosok warga Sundanese yang berhati tulus, humoris, bikin suasana hidup dan loyal terhadap sahabat-sahabatnya. Sehingga dengan gayanya yang santai membuat tidak ada Gap dalam pergaulan,” jelasnya.

Menurut Yen Yen, pria asal Cirebon itu juga selalu menerima masukan-masukan positif demi kemajuan bersama. Walaupun ia adalah pejabat Forkompimda, tetapi tetap merakyat dan berbaur bersama masyarakat maupun komunitas dengan memegang teguh rambu-rambu profesionalitas.

“Ini salah satu contoh untuk kita semua agar mengedukasi masyarakat yang awalnya terkesan berat justru dengan cara yang halus (soft education) pesannya bisa tersampaikan. Contohnya mulai dari lingkup terkecil, yaitu ketika di Sundanesse Belitung,” ujarnya.

Mantan Kepala KPPN itu berharap, semoga dalam mengemban amanah sebagai Kajari Batang, Jawa Tengah, Ali Nurudin senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Begitu juga saat dinas ditempat yang baru, tugas-tugasnya dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah SWT.

“Pastinya akan punya tantangan baru lagi dan makin semangat lagi, karena sudah bertugas di seputar homebased. Dan, warga Sundanese tidak akan terpisah jarak tetap saling mensupport dimana pun berkarya dan tetap harus memberikan Karya terbaik untuk negeri tercinta,” pungkanya.* (iwan)

Tandai

POROS TV CHANEL


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Close