Resmi Sandang Predikat UNESCO Global Geopark, Ini Kata Isyak Meirobie

GEOPARK Belitong resmi menyandang predikat sebagai  UNESCO Global Geopark. Setelah Dewan Eksekutif UNESCO Pada sidang ke 211 menetapkan Geopark Belitong sebagai UNESCO Global Geopark pada sidang yang digelar melalui virtual dari Paris pada 15 April 2021. Terdapat 7 nominasi lain yang direkomendasikan oleh UNESCO Global Geopark Council (UGGC) untuk diinskripsi sebagai UNESCO Global Geopark baru.

Usai dirilis oleh KBRI Paris terkait penetapan Geopark Belitong sebagai UNESCO Global Geopark, Redaksi Porostvnews.com langsung mewancancarai Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si. Berikut petikan wawancara singkat Pemimpin Redaksi Porostvnews.com Nasrul Rully dengan Isyak Meirobie melalui pesan WhatsApp, Jumat (16/4/2021).

POROSTVNEWS: Setelah Geopark Belitong resmi ditetapkan sebagai Geopark UNESCO Global Geopark, bagaimana perasaan Anda?

Isyak Meirobie: Ada dua perasaan yang dirasakan ketika Belitung bersama Belitung Timur  ditetapkan dalam sebuah nomenklatur Unesco Global Geopark . Rasa syukur. Dengan predikat ini menyatukan dua kabupaten wilayah administratif. Satu pulau, satu ke arifan lokal, satu semangat dan satu visi. Bahwa Belitong telah memilih geopark sebagai tujuan masa depan.Dan, kita menyadari bahwa Belitong adalah titipan anak cucu sehinga kita menjaga dan mengembalikan kepada mereka  dalam keadaan yang utuh.

POROSTVNEWS: Maksud anda?

Isyak Meirobie: Dengan memiliki geopark , kita memastikan bahwa kelestarian alam dan lingkungan dan juga semua warisan budaya merupakan bahagian penting sehingga bisa memastikan pembangunan yang berkelanjutan ke depannya.Ini merupakan sebuah tantangan setelah menerima Unesco Global Geopark. Perjuangan tahap dua baru saja dimulai.

POROSTVNEWS:Perjuangan dalam bentuk apa?

Isyak Meirobie: Kita harus meyakinkan dan benar-benar menunjukan. Bahwa, sumber daya manusia  dan kekayaan apa yang dimiliki  saat ini mampu menunjukan kepada pihak luar. Bahwa Belitong memang siap dan layak serta pantas menyandang sebuah status yang sangat elit dan prestise berlabelkan Unesco Global Geopark.

POROSTVNEWS: Manfaat apa yang akan dirasakan masyarakat terkait predikat ini?

Isyak Meirobie: Manfaat yang paling  besar harus bisa dirasakan oleh kelompok-kelompok masyarakat  dan semua lapisan masyarakat. Inilah tantangan terbesar. Sebuah status akan menjadi bermanfaat  apabila kita bisa membawa dampak positif terhadap perubahan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. Dan, paling penting adalah tetap menjaga kelestarian dan ke aslian alam di Belitong.

POROSTVNEWS: Selain itu?

Isyak Meirobie: Yang pasti dengan predikat UNESCO Global Geopark tentunya akan berpengaruh pada perkembangan pariwisata di Belitong paska pandemi Covid-19. Global Geopark di Belitong merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan pariwisata.

Artinya, kita sudah menyesuaikan diri dengan kebutuhan pandemi sebenarnya. Di saat pandemi ini orang akan memilih daerah yang lebih asri. Geosite Belitung tak hanya menawarkan keindahan alam yang masih alami, melainkan juga udara yang sejuk, segar, indah dan nyaman bagi wisatawan.

POROSTVNEWS:Ungkapan dan ucapan apa yang Anda sampaikan setelah Geopark Belitong resmi menyandang predikat UNESCO Global Geopark?

Isyak Meirobie: Berterimaksih kepada semua pihak yang telah berjuang jauh hari yang tidak bisa disebut satu persatu. Semua yang berkontribusi penting  di level apapun. dan ini adalah kado yang dipersembahkan untuk semua. dan, ini adalah awal yang baik untuk kembali berjuang sehingga dampaknya bisa dirasakan semua lapisan. *

 

Tandai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close