Bupati dan Kajari Belitung Timur Teken Mou Bidang Hukum Perdata dan TUN

POROSTVNEWS | BELTIM -Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Beltim kembali memperpanjang kerjasama pendampingan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN).

Perpanjangan kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak. Penandatanganan MoU berlangsung di Ruang Rapat Bupati Beltim Kamis (16/7/2021).

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Bupati Burhanudin dengan Kajari Abdur Kadir, SH., MH. Juga dihadiri Sekda dan pejabat dilingkungan Pemkab Beltim dan Jaksa Pengacara Kejaksaan Negeri Belitung Timur.

Bupati Beltim Burhanudin mengatakan dengan adanya perpanjangan MoU ini, permasalahan dibidang Perdata dan Tata Usaha di Kabupaten Belitung Timur mendapat pembinaan dari Tim Jaksa Pengacara Negara (JPN)  Kejaksaan Negeri Belitung Timur.

“Dengan perpanjangan MoU antara Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dengan Kejaksaan Negeri Belitung Timur di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara untuk meningkatkan Kerjasama sebagai upaya menghadapi permasalahan hukum yang dapat ditimbulkan sehubungan dengan pelaksanaan tugas dan operasional Pemerintah Daerah di Bidang Tata Usaha dan Negara, ” papar Burhanudin.

Dikatakannya, ini adalah hal yang lumrah, kejaksaan salah satu tupoksinya sebagai pengacara negara. MoU ini menjalin kerjasama dalam hal perdata dan tata usaha negara,” kata orang nomor satu di Beltim yang biasa dipanggil Aan tersebut.

Sementara Kajari Abdur Kadir mengungkapkan, kerjasama ini memberikan bantuan hukum, legal opini terkait permasalahan-permasalahan yang ada di daerah.

“Jadi kita (Kejari Belim) sifatnya memberikan pelayanan hukum. Karena kita pengacara negara,” ujarnya. Adapun Ruang Lingkup dari Nota Kesepakatan ini meliputi: a. Pertimbangan/konsultasi dan koordinasi ke institusi yang terkait dengan pelaksanaan bantuan hukum, pertimbangan dan tindakan hukum.

b.Sebagai subjek Hukum Perdata dimana Bupati Belitung Timur sebagai penggugat atau tergugat, maka Bupati Belitung Timur dengan surat kuasa khusus dapat meminta bantuan hukum kepada Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur untuk mewakili Bupati Belitung Timur dan bertindak untuk dan atas nama Bupati Belitung Timur baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Dan, c. Sebagai subjek Hukum Tata Usaha Negara dimana Bupati Belitung Timur sebagai tergugat maka Bupati Belitung Timur dengan surat kuasa khusus dapat meminta bantuan hukum kepada Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur untuk mewakili Bupati Belitung Timur, bertindak untuk dan atas nama Bupati Belitung Timur baik di dalam maupun di luar pengadilan.*

Nasrul Rully


POROS TV CHANEL


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Close